Pembelajaran Muhadasah dengan Metode Mumarasah

Pengertian muhadasah



Muhadasah yaitu salah satu cara penyajian bahan pelajaran bahasa arab melalui percakapan, dalam percakapan itu dapat terjadi antara guru dan siswa dan antara siswa dengan siswa. Sambil menambah dan terus memperkaya pembendaharaan kata kata (vocabulary)yang semakin banyak. Pelajaran muhadasah merupakan pelajaran yang pertama-tama diberikan, sebab tujuan utama pengajaran bahasa Arab adalah agar siswa manpu bercakap dan berbicara dalam pembicaraan sehari hari dengan berbahasa Arab dan membaca Al-Quran dalam shalat dan doa’ secara lisan. Kalau diperhatikan lebih jauh anak kecil belajar bahasa ibunya memang dimulai dengan percakapan berbicara, mula mula ia ucapkan kata meskipun tidak langsung ia pahami atau dimengerti, setelah agak lancer mulai ia menyusun kata kata dan akhirnya lama kelamaan menjadi mahir dan pandai berbicara yang ia ucapkan. Jadi bukan tata bahasa(qawaid) yang pertama diajarkan tetapi melatih percakapan.

Pengertian Metode mumarasah

Mumarasah menurut bahasa adalah Tarbiyah bisa diartikan sebagai pendidikan (Latihan) sedangkan menurut istilah adalah Metode atau cara melakukan proses pendidikan dengan member latihan atau mengaplikasikan secara langsung. Menurut Roestiyah N.K mumarasah adalah suatu metode atau teknik pengajaran dengan jalan melatih siswa melaksanakan kegiatan kegiatan latihan. Siswa memiliki ketangkasan atau ketrampilan tinggi dari apa yang telah dipelajari. Dengan kata lain pembelajaran ini harus bisa melatih siswa untuk menguasai ketrampilan dalam berbicara atau bermuhadasah dengan matede Mumarasah. Dari segi pelaksanaanyasiswa terlebih dahulu telah dibekali dengan pengetahuan kemudian tetap dibimbing oleh guru. Dan siswa harus mempraktekkan sehingga mereka menjadi mahir dan terampil.

Tujuan Pembelajaran Muhadasah dengan metode Mumarasah

Adapun yang menjadi tujuan penerapan muhadasah metode Mumarasah dalam penyampaian materi bahasa Arab yang berkaitan erat dengan keadaan lingkungan sekitar siswa :

  1. Melatih ketrampilan berbahasa peserta didik dalam bahasa Arab mengenai kejadian apa saja dalam masyarakat dan dunia Internasional  apa yang ia ketahui
  2. Melatih lidah peserta didik agar fasih dan terbiasa dengan Bercakap cakap (berbicara dalam bahasa Arab)
  3. Agar Manpu menerjemahkan percakapan orang lain lewat Telepon, radio,  tape recorder dan lain lain
  4. Menumbuhkan rasa cinta  dan menyenangi bahasa Arab dan Al-Quran sehingga timbul kemauan untuk belajar dan mendalaminya.

Langkah langkah pembelajaran Muhadasah

  1. Mempersiapkan materimuhadasah dengan matang dan menetapkan topic yang akan disajikan(tertulis)
  2. Materi Muhadasah hendaklah disesuaikan dengan taraf perkembangan peserta didik, jangan memberikan muhadasah dengan kata katan yang sulit dan panjang sehingga akan membingungkan anak dalam merangkai kalimat, gunakan kata kata yang sederhana dan sering dijumpai dalam lingkungan sekolah misalnya memperkenalkan alat alat tulis aytau bahan bahan yang ada di kelas.
  3. Menggunakan alat peraga(sebagai alat bantu) muhadasah. Sebab dengan alat peraga dapat menjelaskan persepsi anak tentang arti dan maksud yang terkandung pada muhadasah disamping itu dapat menarik perhatian mereka supaya tidak jenuh. 
  4. Peserta didik lebih berperan dan guru menyam;paikan topic apa yang akan dimuhadasahkan. Peranan guru hanya mengatur jalannya muhadasah agar tetap sportif dan berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
  5. Setelah muhadsah selesai dilakukan guru kemudian membuka forum soal jawab dan hal hal yang perlu di diskusikan mengenai muhadsah yang baru selesai. Jika ada hal hal yang belum dimengerti oleh peserta didik maka guru harus mengulangi dan mencatat dipapan tulis.
  6. Penguasaan bahan secar aktif, agar mereka terbiasa untuk berbicara atau berkomunikasi antar kawan dan guru
  7. didalam kelas guru bahasa Arab hendaknya selalu berbicar bahasa Arab supaya di tiru juga oleh peserta didik sehingga mereka tidak merasa kaku atau malu untuk berbicara.
  8. Selalu memberi motivasi kepada  peserta didik agarmereka lebih giat lagi untuk belajar muhadasah.


0 Response to "Pembelajaran Muhadasah dengan Metode Mumarasah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel