Perbaikan data DTKS, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Data DTKS merupakan sumber data penerima bantuan sosial yang di berikan oleh pemerintah kepada masyarakat miskin. Dalam hal ini KEMENSOS RI sampai dengan 8 Maret 2021 akan melaksanakan pemutahiran data DTKS di aplikasi SIKs-NG. Pemutahiran data siks ng kali ini di fokuskan kepada perbaikan nik sesuai dengan disdukcapil untuk pemadatan data keluarga penerima bantuan dan data DTKS secara umum.

Upaya perbaikan data ini merupakan komitmen dari KEMENSOS RI dalam memperbaiki data penerima bansos sehingga mampu menciptakan data yang akurat dan terintegrasi. Hal ini berkaitan dengan pelaksanaan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) yang telah mencapai triwulan ke 5 dimana salah satu capaiannya adalah Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil telah membangun aplikasi monitoring transaksi data kependudukan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Perbaikan data yang dilakukan saat ini bagi kpm penerima bantuan BST, BSP/BPNT dan PKH oleh petugas puspelsos dalam hal ini melibatkan TKSK, pendamping PKH dan supervisor. Sedangkan perbaikan data siks ng di daerah di mutakhirkan mulai dari tingkat desa oleh operator siks ng didesa. Data siks NG yang di telah diupdating lansung di sinkron dengan data disdukcapil sehingga lansung diketahui hasilnya apakah nik masyarakat yg terdaftar di DTKS valid atau tidak valid.

Adapun hal hal yang harus diperhatikan dalam pemutahiran data SIKS NG adalah sebagai berikut:

  1. Fokus perbaikan data DTKS adalah perbaikan NIK, lalu itu pilih Data yang ingin ditampilkan, Kecamatan dan Desa yang akan diperbaiki NIK nya kemudian klik tombol cari 
  2. Lalu pilih satu Nama yang akan dicek dan diperbaiki NIKnya, klik pada kolom edit. Tampilan Edit Data:
    Menampilkan 4 pilihan perbaikan. Ketika dipilih perbaikan NIK dan Nama sekaligus atau dinyatakan Meninggal/Tidak Ditemukan akan muncul form penyataan agar petugas bertanggung jawab terhadap perubahan. klik setuju untuk melanjutkan, klik tidak setuju untuk membatalkan. Dimohon user untuk berhati-hati saat memperbaiki data.
  3. Klik tombol Cek Valid Dukcapil untuk mengecek apakah data tersebut sudah valid Dukcapil atau belum, jika seperti gambar dibawah ini silahkan lakukan perbaikan. Jika sudah klik tombol Simpan Data Sesuai Dukcapil.

4. Jika menemukan kondisi NIK ditemukan di Dukcapil namun nama tidak cocok seperti gambar dibawah ini, maka yang digunakan Nama yang sesuai pada dukcapil.

Demikian hal hal yang harus diperhatikan dalam memperbaiki SIKS-NG. kehatia-hatian dalam memperbaiki data sangat diperlukan sehingga data yang telah diupdate benar dan padan dengan data disdukcapil.

0 Response to "Perbaikan data DTKS, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel