Guru Honorer Juga Mendapatkan BLT Subsidi Gaji, Pastikan Data Anda sudah ada. Cek Caranya Disini

                                            sumber gambar : merdekabelajar.my.id

Menurut Ida Fauziah, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, akan menggelontorkan anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk sekitar tiga jutaan guru honorer di lingkungan Kemendikbud dan Kemenag RI.

"Ada sektor lain yang membutuhkan subsidi gaji ini ada guru honorer di Kemdikbud dan Kemenag. Kami akan menyerahkan sisa anggaran yang sudah dialokasikan di kemnaker. Uang ini akan kami serahkan ke bendahara negara," ungkapnya dalam keterangannya belum lama ini.

Sedikitnya sekitar tiga jutaan guru honorer yang ada di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia direncanakan akan mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah, mengungkapkan bahwa anggaran BLT untuk tiga juta guru honor tersebut adalah sisa dari anggaran BLT sebesar Rp2,4 juta bagi pekerja.

Sedangkan rincian pembagian bantuan Rp2,4 juta tersebut, para guru honorer yang mendaftar akan mendapatkan BLT sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan.

Adapun cara untuk mendapatkan BLT atau BSU (Bantuan Subsidi Upah) guru honorer tersebut adalah:

  1. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi per akhir Juni 2020.
  2. Bantuan ini diberikan kepada guru honorer dan PTK non PNS lainnya yang belum mendapatkan subsidi upah dari program pemerintah, yang dimaksud ialah subsidi gaji untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  3. PTK yang akan mendapatkan BLT adalah yang gajinya di bawah Rp 5 juta.
  4. PTK tidak masuk dalam program kartu prakerja dan Banpres UMKM.
  5. Pengajar juga harus tercatat aktif mengajar pada semester I 2020-2021 pada Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Simpatika) Kemenag.
  6. Untuk mengetahuinya ada baiknya segera masuk ke laman info.gtk.kemdikbud.go.id.

GTK merupakan info validasi data guru yang berfungsi membantu pengajar mendapatkan data sekolah. Jika ada kesalahan data, proses perbaikan melalui aplikasi dapodik di sekolah terkait. Untuk membuka GTK gunakan akun PTK yang sudah diverifikasi:

  1. Pastikan menggunakan email aktif. 
  2. Tidak diperkenankan menggunakan email orang lain. 
  3. Pengaturan ulang akun dapat melalui Manajemen Dapodik

Setelah masuk di laman info.gtk.kemdikbud.go.id, apabila ada tampilan tabulasi di bagian paling bawah tertulis Pembayaran insentif guru bukan PNS.

Jika masuk ke dalam daftar calon penerima bantuan, tampilannya akan memperlihatkan nama bank penyalur.

Dalam daftar tersebut tercantum nama bank penyalur misalnya BRI namun di dalam tabulasi tersebut belum ada nama cabang banknya dan nominalnya belum tertera. 

1 Response to "Guru Honorer Juga Mendapatkan BLT Subsidi Gaji, Pastikan Data Anda sudah ada. Cek Caranya Disini "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel