Pendekatan Berbasis Masyarakat Dalam Menghadapi New Normal Masa Pandemi

Pelibatan masyarakat dalam menangani penyebaran virus/penyakit masa pandemi merupakan hal yang sangat penting. Sebagaimana disebutkan bahwa virus tidak bergerak melain kita yang memindahkan virus tersebut seiring dengan mobilisasi yang kita lakukan. Oleh karena itu perlunya memberikan informasi dan pentingnya mengkomunikasikan hal tersebut kepada masyarakat.

Salah satu kegiatan yang mampu dilakukan baik oleh pemerintah baik itu dari tingkat kabupaten kota atau pun desa yaitu membentuk suatu komunitas masyarakat dengan konsep pendekatan berbasis masyarakat. Konsep ini memaksimalkan peran masyarakat dalam pemberdayaan kapasitas masyarakat untuk dapat mengenali, menalaah dan mengambil inisiatif untuk memecahkan permasalahan yang ada secara mandiri. 

Tujuan dari pendekatan yang berbasis masyarakat adalah meningkatnya kapasitas masyarakat  dan mencoba untuk menurunkan kerentanan individu, keluarga dan masyarakat luas serta adanya perubahan Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap masyarakat dalam upaya menangani permasalahan yang terjadi di lingkungannya. Disamping itu program berbasis masyarakat menggunakan pendekatan yang berbasis realita bahwa dengan cara-cara yang relatif sederhana dan mudah dilaksanakan, maka masyarakat di kalangan bawahpun dapat melakukan perubahan yang positif untuk menuju ke arah yang lebih baik.

Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat rentan yang hidup didaerah rawan serta bersedia untuk menerima perubahan. Dan juga Penekanan perencanaan program berbasis masyarakat lebih bersifat internal daripada faktor eksternal dengan pendekatan bottom up, bukan top down.  Potensial ancaman tidak di luar, namun di dalam dengan sistem sosial.

Prinsip-prinsip utama yang diperlukan dalam menjalankan program berbasis masyarakat  adalah tercermin dalam akronim KAPASITAS yang dapat dijelaskan berikut ini.
1. Kemitraan
2. Advokasi
3. Pemberdayaan
4. Analisis
5. Swadaya
6. Integrasi
7. Terfokus
8. Aksi nyata
9. Sustainabilitas 

Masyarakat merupakan agent yang mampu meredam perpindahan virus. Penguatan kapasitas masyarakat hal yang mutlak diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Adapun hal yang paling penting dilakukan saat ini adalah mengkomunikasikan hal- hal yang penting sehingga mampu mengubah kebiasaan dan prilaku masyarakat sehingga siap menghadapi masa pandemik dan setelah masa pandemic (new normal).

0 Response to "Pendekatan Berbasis Masyarakat Dalam Menghadapi New Normal Masa Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel