Memakai Celana Jeans Saat Shalat

Terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian disaat melaksanakan shalat baik itu shalat wajib maupun sunnat bagi laki-laki yang mukallaf disaat memakai celana jeans panjang.

Pertama, yang harus anda lakukan adalah memotong bagian celana yang melebihi mata kaki. 

Kedua, jangan menggulung pakaian atau bagian celana yang Panjang, anda kena dalil berikutnya, yakni larangan menggulung kain dalam shalat.

Dari Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ الْجَبْهَةِ وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ وَالْيَدَيْنِ وَالرِّجْلَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ وَلَا نَكْفِتَ الثِّيَابَ وَلَا الشَّعْرَ

"Aku diperintahkan untuk bersujud pada tujuh anggota badan, kening -dan beliau menunjuk dengan tangannya pada hidungnya-, kedua tangannya, dan kedua kakinya, serta ujung kedua telapak kakinya. Dan kami tidak (boleh) menahan pakaian dan rambut". [HR. Bukhari no.812 dan Muslim no. 490]

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata: "Para Ulama telah sepakat atas larangan dari shalat, sedangkan pakaiannya atau lengannya tergulung atau (rambut) kepalanya terjalin (mengikat rambut) atau rambutnya tertutupi dibawahnya sorban atau yang semisal itu, maka semuanya ini terlarang dengan kesepakatan Ulama. Dan hal itu merupakan makruh tanzih (tidak sampai pada haram). Maka jika dia shalat dengan demikian sungguh dia telah berbuat buruk, akan tetapi shalatnya tetap sah". (Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim karya Al-Imam An+Nawawi 4/209)

Ketiga, menjadi catatan penting adalah celana jeans tidak memenuhi syarat pakaian syar'i, karena ketatnya dan membentuk tubuh. Maka, tidak disarankan memakai jeans. Belilah syirwal, hal itu lebih syar'i dan lebih murah dari jeans.

Semoga kita dimudahkan Allah berbenah dan semangat mengikuti sunnah. Terus belajarlah ilmu dan adab-adab syar'i.


0 Response to "Memakai Celana Jeans Saat Shalat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel