SOP BUMDES PENGGEMUKAN SAPI

 

“ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGGEMUKAN SAPI PADA PETERNAKAN BUMDES DESA ………….. KABUPATEN …………….

 

 

DI SUSUN

OLEH :

PENGURUS BUmdes

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DESA ..................

KEC. ................ KABUPATEN............

2016

 

 

 

 

 

 

 

ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG PADA PETERNAKAN ………….. DESA ……………….. KABUPATEN ……..

 

Studi kelayakan bisnis merupakan penelaahan atau analisis tentang apakah suatu kegiatan investasi memberikan manfaat atau hasil bila dilaksanakan. Dalam membangun usaha baru sangat diperlukan studi kelayakan bisnis, sehingga dalam proses perencanaan pembangunannya nanti dapat dilakukan kajian yang cukup mendalam dan komprehensif untuk mengetahui apakah usaha yang akan dilakukan itu layak atau tidak layak. Pertimbangan tersebut dapat digunakan dalam rangka melihat apakah perusahaan mendapatkan keuntungan jika menjalankan usaha. Studi Kelayakan bisnis perlu dilakukan sebelum suatu usaha atau proyek dijalankan. Intinya agar usaha atau proyek ini dijalankan tidak akan sia-sia, tidak membuang waktu, uang, tenaga dan pikiran secara percuma. Setidaknya ada lima tujuan penting dengan dilakukannya studi kelayakan sebelum suatu proyek dijalankan :

1. Menghindari risiko

2. Memudahkan perencanaan

3. Memudahkan pelaksanaan pekerjaan

4. Memudahkan pengawasan

5. Memudahkan pengendalian

Kriteria kelayakan suatu bisnis ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan diantaranya aspek finansial dan aspek non finansial dan masing-masing aspek tersebut saling berkaitan dalam memenuhi kriteria kelayakan suatu bisnis.

A.      KEGIATAN USAHA

Jenis usaha penggemukan sapi potong dalam peternakan ini adalah peternakan rakyat. Sistem penggemukan ternak sapi potong yang digunakan adalah sistem kereman. Usaha ini bisa dilakukan sepanjang tahun, selama harga bakalan terjangkau dan sesuai standar pasar, maka peternak membeli bakalan untuk digemukkan. Pakan yang diberikan berupa rumput yang diperoleh dari daerah sekitar, selain itu ternak sapi potong diberi pakan tambahan berupa konsentrat (dibeli dari pabrik).

B.       ANALISIS ASPEK NONFINANSIAL DAN ASPEK FINANSIAL

1.        Analisis Aspek Nonfinansial

a.        Aspek Pasar

Peluang pasar untuk usaha penggemukan sapi potong sangat terbuka hal ini dapat diketahui dari permintaan sapi potong dalam tiga tahun terakhir tidak mampu dipenuhi semuanya. Setelah diketahui besarnya peluangpasar untuk daging sapi potong, maka langkah selanjutnya yaitu penentuan strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah bauran pemasaran atau 4P yang meliputi product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi).

Produk

Hasil akhir dari dari usaha penggemukan sapi potong adalah tingkat kegemukan sapi pada waktu akan dijual. Produk sapi yang dihasilkan dari peternakan ini dianggap baik bila emncapai bobot akhir 300kg dan dapat menghasilkan karkas sebesar 60% dari bobot tubuh dan recahan sebanyak 40%.

Harga

Harga sapi potong yang ditawarkan pada usaha ini yaitu berdasarkan bobot hidup ternak sapi potong. Yaitu Rp. 50.000,00/kg bobot hidup.

Tempat

Distribusi saluran pemasaran yang dilakukan pada usaha ini merupakan penyaluran ternak sapi potong sampai pada target pasar atau konsumen. Konsumen datang langsung ke peternakan untuk melakukan transaksi pembelian.

Promosi

Promosi yang dilakukana dalah promosi melalui mulut ke mulut(word by mouth). Dari konsumen yang merasa puas dengan kuantitas dan kualitas dagingakan menginformasikannya ke orang lain atau calon pembeli.

b.        Aspek Teknis

Lokasi Usaha

Lokasi usahater letak di Desa …………….., lokasi ini dipilih mengingat jarak antara lokasi usaha tidak berada di tengah kota yang penduduknya padat. Jarak peternakan dengan penduduk tidak mengganggu kenyamanan penduduk sekitar terutama dalam hal pencemaran udara. Pemilihan lokasi didasarkan padapertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :

1. Letak pasar yang dituju

2. Ketersediaan Bahan Baku, Listrik dan Air

3. Suplai tenaga kerja

4. Iklim

5. Fasilitas Transportasi      

 Skala Usaha

Luas lahan sekitar 800m2, usaha ini memiliki ternak sapi dengan kapasitas produksi 25 ekor setiap periode produksi (tiga bulan). Skala usaha ini dalam memproduksi sapi potong masih tergolong kecil.

Proses Produksi

Proses prodduksi meliputi tata laksana pemeliharaan, tata laksana pemberian pakan, air minum dan kontrol kesehatan

Hasil Analisis Aspek Teknis

Berdasarkan analisis tersebut dapat dikatakan bahwa secara teknis tidak ada kendala yang menghambatnya jalan usaha. Pemilihan lokasi usaha, skala usaha, proses produksi, layout dan pemilihan teknologi mampu menghasilkan produk secara optimal dan mendukung untuk dilakukan pengembangan usaha. Sehingga secara teknis proses produksi dalam usaha ini layak untuk dijalankan dan dikembangkan.

c.         Aspek Manajemen dan Hukum

Hasil Analisis Manajemen dan Hukum

Berdasarkan analisis terhadap aspek manajemen dan hukum, usaha ini layak. Aspek manajemen dengan organisasi yang digunakan masih sederhana, namun mampu mengorganisir kegiatan produksi dengan baik, karena pemilik merupakan orang yang mampu memimpin dalam usaha yang dijalankannya. Kegiatan usaha yang dilakukan tidak menentang hukum dan izin usaha dari pihak Ketua RT, ini menunjukkan bahwa berdasarkan aspek hukum pengembangan usaha ini layak dijalankan. Berdasarkan analisis aspek manajemen dan hukum, kegiatan usaha layak untuk dijalankan dan dikembangkan.

d.        Aspek Sosial, Ekonomi, Budaya dan Lingkungan

Aspek sosial dapat dinilai dari segi manfaat yang diberikan usaha terhadap perkembangan masyarakat secara keseluruhan seperti terbukanya lapangan pekerjaan, bertambahnya sarana dan prasarana di daerah sekitar lokasi usaha. Keberadaan usaha ini berdampak baik terhadap masyarakat setempat karena keberadaan usaha dilokasi ini dapat menyerap tenaga kerja sehingga aktiftas ekonomi desa berjalan dengan baik.

2.        Analisis Aspek Finansial

Analisis aspek finansial dikaji secara kuantitatif. Analisis finansial usaha ini dilakukan setelah pengembangan usaha yang dilakukan yakni menambah satu kandang baru. Dari analisis aspek finansial akan dikaji analisis biaya dan manfaat, laba rugi serta kriteria investasinya. Analisis biaya dan manfaat dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai biaya yang dikeluarkan serta manfaat yang akan diterima selama usaha dijalankan. Hasil analisis tersebut akan diolah dan dapat menghasilkan analisis laba rugi.

a.        Arus Penerimaan (Inflow)

Arus penerimaan merupakan aliran kas masuk ke usaha dan pendapatan bagi usaha. Penerimaan diperoleh dari penjualan sapi potong, kotoran sapi dan nilai sisa investasi. total penerimaan usaha ini sebesar Rp270.000.000 pada tahun pertama dan Rp570.000.000 pada tahun kedua dan tahun selanjutnya. Perbedaan ini terjadi karena pada tahun pertama usaha ini berproduksi dengan persentase tingkat kelangsungan hidup Survival Rate (SR) sebesar 90% sedangkan dari tahun ke-2 sampai ke-10 berproduksi dengan SR 95%. Hal ini disebabkan oleh keadaan kandang yang baru dimana ternak sapi harus beradaptasi dengan kegiatan usaha yang baru dimulai.

b.        Penerimaan Penjualan Kotoran Sapi

Dalam satu hari kotoran yang dihasilkan oleh 25 ekor ternak sapi potong adalah 20kg. Hal ini diasumsikan dengan jumlah ternak sapi 25 ekor per periodenya. Rata-rata ternak sapi menghasilkan kotoran 1kg tiap harinya dan mengalami penyusutan 0,2kg sehingga pada saat dijual berat kotoran yang dihasilkan tiap ekor ternak sapi adalah 0,8kg.



c.         Nilai Sisa (Salvage Value)

Nilai sisa adalah nilai barang atau peralatan yang tidak habis selama usaha berjalan. Perhitungan nilai sisa dilakukan dengan cara penaksiran. Nilai sisa tersebut menjadi tambahan manfaat bagi usaha. Beberapa barang yang memiliki nilai sisa diantaranya yaitu mobil, motor pakan dan mesin pemotong rumput.

d.        Arus Biaya (Outflow)

Arus biaya (outflow) adalah aliran kas yang dikeluarkan oleh usaha. Arus biaya pada usaha ini terdiri dari biaya investasi, biaya reinvestasi, biaya operasional dan pajak penghasilan. Biaya-biaya yang dikeluarkan merupakan biaya yang dikeluarkan dalam mengembangkan usaha dan menjalankan operasional usaha ini selama umur usaha. Meliputi biaya investasi dan biaya operasional. Biaya investasi usaha ini sebesar Rp. 256.850.000. Biaya operasional meliputi biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap dalam usaha ini pada tahun pertama sebesar Rp. 47.680.000 dan pada tahun kedua sebesar Rp. 72.042.667. Biaya variabel pada tahun pertama sebesar Rp. 202.250.000 dan pada tahun kedua sebesar Rp. 372.200.000.

e.         Pajak Penghasilan

Pajak penghasilan merupakan biaya yang dikeluarkan setiap tahun selamaumur usaha dengan jumlah yang tergantung dari besarnya laba usaha yangdiperoleh perusahaan pada setiap tahun usaha. Besarnya pajak dipengaruhi oleh besarnya laba kotor yang diperolehusaha ini dengan pengembangan kapasitas produksi dengan membangun kandangbaru yang menggunakan bahan baku paku konsentrat berupa ampas tahu dandedak jagung.

f.          Analisis Laba Rugi Usaha

Analisis laba rugi digunakan untuk mengetahui perkembangan usahadalam kurun waktu tertentu. Komponen laba rugi terdiri dari penerimaan, biayaoperasional, biaya penyusutan dan biaya lain diluar usaha serta pajak penghasilanusaha.

g.        Analisis Kelayakan Finansial

Analisis kelayakan finansial yang digunakan berdasarkan pada kriteriainvestasi seperti NetPresentValue (NPV), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C),Internal Rate of Return, dan Payback Period (PP).


        Berdasarkan analisis kelayakan investasi tersebut, diperoleh nilai NPVsebesar Rp. 658.300.804,94. Nilai ini menunjukkan keuntungan yang diperolehselama 10 tahun dengan tingkat diskonto sebesar 4%. Nilai NPV lebih besar dari nol, sehingga berdasarkan kriteria NPV maka pengembangan usaha penggemukan sapi potong ini layak untuk dijalankan. Perhitungan Net B/C menghasilkan nilai 5,13 satuan rupiah. Nilai tersebut menunjukkan bahwa usaha ini mendapatkan keuntungan Rp. 5,13 untuk setiap Rp. 1yang dikeluarkan. Nilai Net B/C lebih besar dari 1, sehingga menurut kriteria NetB/C maka pengembangan usaha penggemukan sapi potong ini layak untuk dijalankan.Sementara nilai IRR dalam pengembangan usaha ini sebesar 67,83%. Nilai tersebut lebih besar dari tingkat diskonto yang digunakan, yaitu 4%. Maka usaha ini dengan kriteria IRR layak untuk dijalankan, karena setiap investasi yang ditanamkan pada usaha ini akan mendapatkan tingkat pengembalian yang menguntungkan dibandingkan menyimpan dana investasi untuk ditabung atau didepositokan.Nilai Payback Period (PP) usaha ini selama 3,49 tahun atau 3 tahun 4bulan 9 hari. Nilai tersebut menunjukkan bahwa seluruh biaya investasi yang ditanamkan dalam rencana pengembangan usaha ini akan dikembalikan padatahun ketiga, bulan keempat, hari kesembilan. Hal ini menunjukkan waktu yang kurang dari 10 tahun, sehingga layak untuk dijalankan. Sehingga jika dilihat dan disimpulkan dari keempat kriteria kelayakan investasi tersebut maka pengembangan usaha penggemukan sapi potong ini layak untuk dijalankan secara finansial.

h.        Analisis Nilai Pengganti (Switching Value)

Analisis switching value merupakan perhitungan untuk mengukurperubahan maksimum dari perubahan suatu komponen inflow (penurunan hargaoutput, penurunan produksi) atau perubahan komponen outflow (peningkatanharga input/peningkatan biaya produksi) yang masih dapat ditoleransi agar bisnismasih tetap layak.

i.          Hasil Analisis Aspek Finansial

Pengembangan usaha penggemukan sapi potong ini dikatakan layak karena nilai NPV yang diperoleh Rp. 658.300.804,94 atau lebih besar dari nol. IRRyang diperoleh pada usaha ini adalah 67,83% atau lebih kecil daripada discountrate yaitu 5,5%. Sehingga usaha ini tidak layak untuk dijalankan. Suatu usahadikatakan layak apabila Net B/C lebih dari satu. Pada usaha ini perhitungan NetB/C menghasilkan nilai 1,30 satuan rupiah atau lebih dari satu. Artinya usaha inidinyatakan layak untuk dilaksanakan. Suatu usaha juga dikatakan layak apabilalamanya waktu pengembalian modal investasi lebih pendek dari umur proyek.Pada pengembangan usaha ini dalam membiayai investasi mampumengembalikan modal dalam waktu 7,14 tahun. Kemudian berdasarkan hasilanalisis switching value, kriteria invetasi menjadi tidak layak dipengaruhi dari variabel penurunan PBBH dan kenaikan biaya pakan. Penurunan bobot badan sapi sebesar 15,19% merupakan batas maksimal dari kelayakan usaha atau tidak layak dilaksanakannya usaha ini. Selain itu juga kenaikan biaya bakalan sebesar 28,38%menjadikan usaha ini pun tidak layak dilaksanakan.

SUMBER :

Pratama, Yoga A. 2013. Analisis Kelayakan Usaha Penggemukan Sapi Potong pada Peternakan Bapak Sarno Desa Citapen Ciawi Kabupaten Bogor. Skripsi. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

0 Response to "SOP BUMDES PENGGEMUKAN SAPI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel